08.00 s/d 16.00 WIB
085643792814
085643792814
085643792814
d99ee201
order@sepatucibaduyutonline.com
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Sejarah Cibaduyut Bandung

Rabu, Agustus 31st 2016.

Industri Kerajinan Sepatu Sebagai Bagian Sejarah Cibaduyut Bandung

Sejarah cibaduyut bandung tidak bisa terlepas dari adanya industri kerajinan sepatu di kawasan tersebut sehingga terkenal dengan grosir sepatu cibaduyut. Kita tentu sudah mengenal sepatu dan sandal produk asli cibaduyut. Cibaduyut memang terkenal sebagai sentra/pusat kerajinan sepatu dan sandal di kota Bandung Jawa Barat. Di Cibaduyut sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai pengrajin sepatu.
sejarah cibaduyut bandung

Kemudian kita bertanya-tanya, kenapa Cibaduyut Bandung menjadi sentra kerajinan sepatu dan sandal terbesar di Indonesia. Pertanyaan tersebut akan coba kami jawab pada uraian singkat sejarah Cibaduyut Bandung sebagai sentra industri sepatu dan sandal di Indonesia.

Sejarah Cibaduyut Bandung Sebagai Sentra Kerajinan Sepatu di Indonesia

Kota Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia dan sebagai ibukota Propinsi Jawa Barat. Tentu saja hal ini menyebabkan Kota Bandung mengalami perkembangan menjadi kota metropolitan layaknya Jakarta dan Surabaya.

Kota Bandung sebagai sebuah ibukota propinsi tentu juga memiliki identitas yang sangat melekat sebagai identitas sebuah kota. Jika di Jakarta kita menemukan Tugu Monas, di Surabaya ada Tugu Pahlawan, sedangkan di Bandung kita bisa jumpai Tugu Sepatu yang berada di kawasan Cibaduyut sebab daerah tersebut memang telah lama dikenal sebagai sentra kerajinan sepatu.

Daerah Cibaduyut saat ini menjadi daerah yang sangat aktif sebagai kawasan perdagangan seiring dengan kebutuhan masyarakat akan produk sepatu, sandal dan fashion. Dengan kemunculan jalan Cibaduyut sebagai sentra perdagangan maka menjadikan kawasan tersebut aktif dengan berbagai aktifitas dalam kawasan.

Menurut sejarah, berkembangnya industri dan perdangan sepatu Cibaduyut sudah cukup sekitar yaitu sekitar tahun 1920. Pada waktu itu beberapa orang yang biasa bekerja di pabrik sepatu di kota Bandung yang sudah memiliki ketrampilan pembuatan sepatu, mereka berhenti seabgai pekerja pabrik.

Para pekerja tersebut memulai usaha sendiri dengan membuat dan menjual produk sepatu dan alas kaki secara kecil-kecilan di lingkungan rumah tangga dengan melibatkan anggota keluarganya. Dengan semakin banyaknya pesanan sepatu, maka mereka mulai merekrut pekerja dari warga sekitar Cibaduyut, sehingga ketrampilan membuat sepatu dan produk alas kaki lainnya mulai menyebar dan diwariskan kepada keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Berdasarkan informasi yang didapat dari tokoh penguasaha sepatu dan sandal di Cibaduyut, bahwa sebelum penjajahan Jepang pada tahun 1940 telah berkembang sejumlah pengrajin sepatu di Cibaduyut sebanyak 89 orang. Hal tersebut tidak bisa terlepas dari mulai banyaknya pesanan, sebab kualitas produk yang dihasilkan dari para pengrajin ini kualitasnya sangat baik dan memenuhi selera konsumen saat itu. Bahkan setelah Indonesia merdeka yakni tahun 1950, jumlah unit usaha sepatu dan alas kaki mencapai 250 unit.

Dengan semakin banyaknya unit usaha di kawasan Cibaduyut, maka daerah tersebut semakin terkenal sebagai sentra produksi sepatu dan sandal. Pada tahun 1978, pemerintah pusat melalui Departemen Perindustrian  bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) melakukan pengkajian dalam rangka pembimbingan dan pengembangan sentra sepatu dan sandal Cibaduyut.

Hasil kajian ini merekomendasikan dibangunnya pusat layanan fasilitas pembinaan atau Center Service Facility (CSF) atau lebih dikenal para pengrajin dengan sebutan Unit Pelayanan Teknis (UPT)barang kulit.

Pada tahun 1980an dengan digulirkannya proyek BIPIK dari Departemen Perindustrian sebagai fasilitas untuk memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada UPT tersebut supaya dilakukan pembangunan fasilitas gedung, mesin, peralatan serta program pelatihan untuk mengembangkan pengrajin sepatu dan sandal Cibaduyut. Demikianlah sejarah Cibaduyut Bandung sebagai sentra atau pusat industri sepatu dan sandal di Jawa Barat.

Sumber artikel disadur dari : http://www.wisatabdg.com/2014/03/sejarah-dan-perkembangan-sentra.html

Incoming Search Terms:

  • sejarah cibaduyut (81)
  • sejarah cibaduyut bandung (56)
  • sejarah berdirinya cibaduyut bandung (5)
  • sejarah pusat perbelanjaan cibaduyut (4)
  • cibaduyut sejarah (4)
  • sejarah cibaduyut di bandung (3)
  • pabrik sepatu cibaduyut kota bandung jawa barat (3)
  • asal usul cibaduyut (3)
  • cibaduyut bandung beserta penjelasannya (3)
  • sejarah cibadayut (2)
Rp 166.100
Rp 175.700
Rp 168.200
Rp 204.900
Rp 198.800
Rp 185.900

Hubungi Kami

085643792814
085643792814
d99ee201
085643792814
order@sepatucibaduyutonline.com

Komentar Terbaru

Testimoni

  • Ershi-bantul

    Pesanan sudah sampai dalam 3 hari, kualitas sandal yang saya pesan cukup bagus sesuai dengan harganya. Thanks

  • Asep.suparman-Karawang

    Subhanallah, barang sdah diterima dengan baik, benar, dan cepat sesuai janji, 2 hari sejak pembayaran;

Semua Testimoni

Produk Bestseller